Rabu 29 April 2020, Asteorid Raksasa Dekati Bumi, Bahayakah?

Asteorid Raksasa Dekati Bumi 29 April 2020, Bahayakah

Pada tanggal 29 April besok, National Aeronautics and Space Administration(NASA) memperingatkan akan sebuah asteroid yang akan melintasi bumi. Menurut data NASA, asteroid ini berukuran cukup besar berdiamater sekitar 1,1 – 2,5 mil atau sekitar 1,8 hingga 4,1 kilometer, kurang lebih sebesar Pulau Manhattam di New York, Amerika Serikat.

Ukuran yang cukup besar untuk bisa menimbulkan ledakan pada atmosfer apabila menabrak bumi. Nantinya, asteroid ini diperkirakan mendekati bumi pada jarak terdekat sekitar 3,9 juta mil dengan kecepatan 19.461 mil per jam, ya sekitar 16 kali jarak antara Bumi ke Bulan.

Lalu bahayakan bagi kehidupan manusia? Untungnya, NASA memprediksi hal tersebut tidak akan terjadi.

NASA mengkelompokkan asteroid 1998 OR2 ini ke dalam Near-Earth Object (NEO) yaitu kelompok benda luar angkasa yang mendekati bumi.

Sesuai namanya, pertama kali asteroid ini ditemukan pada tahun 1988. Orbit nya meliputi antara bumi dan mars. Setelah tahun ini, asteroid ini akan kembali melintasi bumi pada tanggal 18 Mei 2031 dengan jarak yang akan semakin jauh yaitu sekitar 12 juta mil (19 juta km) dari bumi.

Kemudian, akan melintas lagi pada tahun 2048 dan 2062 jaraknya pun semakin jauh. Perkiraan lintasan terdekat dimasa mendatang terjadi pada 16 April 2019, ketika itu jaraknya hanya mencapai 1,1 juta mil atau sekitar 1,8 juta km dari Bumi.

Apakah Asteroid itu?

Asteroid adalah benda langit berbatu yang mengorbit matahari. Sebagaimana planet yang juga mengorbit matahari, ukuran asteroid lebih kecil dari planet. Asteroid menyebar di tata surya kita, namun sebagian besar terletak di sabuk asteroid yaitu antara orbit mars dan jupiter.

Ciri-ciri Asteroid

  1. Bentuknya tidak beraturan
  2. Berputar mengelilingi matahari
  3. Terdiri dari debu dan es
  4. Memiliki ukuran lebih kecil dari planet
  5. Sebagian besar di sabuk asteroid, yang terletak antara Mars dan Jupiter
  6. Benda langit tidak aktif
  7. Memiliki suhu yang sangat dingin
  8. Memiliki permukaan berbatu
  9. Jumlahnya sangat banyak dan menyebar ke seluruh tata surya.

Asal Asteroid

Asteroid terbentuk dari sisa pembentukan tata surya kita, sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika awan besar gas dan debu runtuh. Sebagian besar materi jatuh ke pusat awan dan membentuk matahari.

Itulah penjelasan mengenai Asteroid yang akan mendekati bumi pada 29 April 2020. Terima kasih sudah berkunjung ke Phonesarea.net, Semoga bermanfaat.

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ikuti Media Sosial Kami Terupdate

You May Also Like

About the Author: Suryadi Achmad

Suka iseng utak atik hp, komputer. Menulis utk berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *